Selasa, 15 Maret 2011

8 Indikator Bahwa Anda Berada di Jalur yang 'Benar'


Banyak orang yang work hard, tapi sayangnya, tak banyak yang work smart. Apakah Anda termasuk golongan yang pertama atau kedua (atau keduanya), hanya Anda yang bisa menjawab dengan melihat karir Anda selama ini.

Meski begitu, memang kita tak selalu memperoleh umpan balik yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Jadinya, meskipun Anda bekerja keras - dan cerdas - tetap agak sulit untuk melihat apakah karir yang Anda jalani itu cocok atau tidak. Istilahnya, benarkah Anda sudah berada on track? Inilah beberapa indikator yang bisa membantu menunjukkannya.

Anda mewakili perusahaan
Bila ini pernah Anda lakukan, bersyukurlah. Artinya, bos menaruh kepercayaan pada Anda untuk mewakilinya dalam suatu acara penting. Menjadi representative yang dipilih dengan ketat, menunjukkan bahwa Anda profesional, kompeten, dan pantas menjadi wakil perusahaan.

Anda diundang dalam rapat tingkat tinggi
Ini juga tanda-tanda bahwa bakat Anda mulai dikenali. Sebelum dipromosikan benar-benar, biasanya karyawan mulai diikutsertakan dalam rapat-rapat tingkat tinggi, yang juga dihadiri bagian lain.

Bos Anda memulai pekerjaan baru dan membawa Anda
Ini sering terjadi karena bos sudah menaruh kepercayaan sedemikian besar atas integritas dan kemampuan Anda. Sering dengar kan istilah 'bedol desa' alias pindah beramai-ramai - misalnya satu divisi kecil? Hal ini tak bakal terjadi bila bos tak mempercayai anak-anak buahnya.

Atasan membebaskan Anda bekerja sendirian
Tak ada yang lebih menyebalkan selain melakukan pekerjaan sambil terus dimonitor atasan. Tapi, bila ia sudah meninggalkan dan mempercayakan Anda mengerjakannya sendiri, terasa benar leganya. Artinya, ia benar-benar percaya Anda mampu.

Bos menyuruh Anda bekerja lebih keras
Bisa jadi, Anda tidak tahu bahwa Anda punya potensi diri yang terpendam. Tapi, kalau bos mulai memberi tugas yang sulit-sulit, meletihkan, dan memakan waktu, jangan berpikiran buruk. Kemungkinan ia menganggap bahwa Anda sebenarnya bisa melakukannya, hanya perlu dorongan yang lebih keras.

Anda memperoleh informasi penting
Bila bos Anda mulai membagi rahasia-rahasia penting di kantor kepada Anda, ini juga suatu pertanda baik. Soalnya, atasan Anda tak mungkin membagi sesuatu bila ia tak percaya pada Anda. Karena itu, hati-hatilah memperlakukan informasi ini. Mengkhianati kepercayaan bos adalah cara tercepat menuju kegagalan karir.

Bos mencuri ide Anda
Ini kedengarannya sesuatu yang buruk. Padahal, ini menunjukkan bahwa Anda cukup brilian, sampai seorang bos mau merendahkan harga dirinya dengan mencuri ide Anda. Jangan cepat bereaksi, siapa tahu juga, bila ide itu diwujudkan, Andalah yang akan ditunjuk si bos untuk menjadi komandannya.

Dibanjiri undangan
Kadang-kadang, undangan demi undangan, rasanya menyebalkan. Sudah lewat jam kerja, mesti berbasa-basi pula. Tapi, bila hal itu terjadi, jangan langsung kesal dulu. Ini adalah sebagian tanda bahwa Anda akan dipromosi, apalagi bila tiba-tiba si bos mau Anda temani dalam suatu jamuan makan malam. Ia ingin memperlihatkan pada khalayak bahwa Andalah orang dekatnya. Ini mungkin peluang untuk meningkatkan karir Anda lebih maju lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar